Senin, 03 Juni 2013

Cara Membuat PivotTable pada Ms. Excel

Cara Membuat PivotTable pada Ms. Excel


PivotTable adalah sebuah table khusus yang merangkum informasi dari beberapa kolom tertentu dari sebuah sumber data (data source). Selanjutnya, hasilnya adalah sebuah table baru yang akan memberikan informasi yang lebih mudah dibaca dan dilihat.



Di dalam Pivot Table terdapat 4 elemen, yaitu :

  1. Page fields, yaitu untuk menempatkan judul list yang kita miliki.
  2. Column fields, yaitu untuk menempatkan field-field header yang akan ditampilkan dalam kolom.
  3. Row fields, yaitu menempatkan field-field header yang akan ditampilkan dalam baris.
  4. Data items, yaitu untuk menempatkan data yang akan dikategorikan berdasarkan column field dan row field.
Dengan Pivot Table kita dapat mengatur field kolom dan field baris sehingga kita dapat melihat data kita dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Dalam Tutorial Pivot Table yang winda buat kali ini akan terdiri dari :

  1. Membuat Pivot Table
  2. Modifikasi data dan layout PivotTable
  3. Membuat Pivot Chart

A. Membuat PivotTable

Membuat Pivot Table sangatlah mudah, hal yang pertama yang kita buat adalah sebuah list atau data-data dalam lembar kerja Excel. Dalam tutorial Pivot table kali ini Winda akan membuat sebuah study kasus tentang “Survey Gaya Hidup”. Dalam tutorial ini winda juga menyajikan dalam bentuk gambar juga untuk memudahkan dalam mempelajari tutorial ini.

Berikut adalah tahap demi tahap pembuatan Pivot Table, yaitu :
1. Buat list data terlebih dahulu dalam lembar kerja Excel, kemudian sorot seluruh isi list data tersebut.


Gambar 1.1 Buat list data pada Excel


2. Klik menu “Insert” pada Toolbar Excel kemudian klik icon PivotTable


Gambar 1.2 Klik menu Insert dan klik Pivot Table


3. Setelah itu akan muncul jendela “Create Pivot Table”. Klik tombol OK.


Gambar 1.3 Klik OK


4. Setelah itu maka akan muncul Sheet baru pada lembar kerja kita (Sheet5) yang berisi layout PivotTable dan PivotTable fileld list. Dalam Sheet baru ini kita dapat mengatur letak posisi data yang akan kita tampilkan dalam PivotTable


Gambar 1.4 Sheet baru yang berisi layout PivotTable


5. Klik dan tarik field “Jenis Kelamin” ke dalam kotak Row Labels



Gambar 1.5 Klik dan tarik field “Jenis Kelamin” ke dalam kotak Row Labels




6. Klik dan tarik field “Daftar Destinasi Favorite” ke dalam kotak Column Labels


Gambar 1.6 Klik dan tarik field “Daftar Destinasi Favorit” ke dalam kotak Column Labels


7. Klik dan tarik field “Penghasilan” ke dalam kotak Values


Gambar 1.7 Klik dan tarik field “Penghasilan” ke dalam kotak Values


8. Dari beberapa field tadi kita akan menjumpai beberapa field yang memiliki drop-down list yang berupa tanda panah ke bawah. Jika kita klik drop-down list tersebut kita dapat memilih untuk menampilkan data satu atau lebih baris dan kolom tertentu


Gambar 1.8 Drop-down List


9. Selanjutnya kita bisa menambahkan judul pada PivotTable kita. Dan tahap dalam membuat PivotTable selesai.



Gambar 1.9 Hasil membuat PivotTable


0 komentar:

Posting Komentar