Cara Membuat PivotTable pada Ms. Excel
Di dalam Pivot Table terdapat 4 elemen, yaitu :
- Page fields, yaitu untuk menempatkan judul list yang kita miliki.
- Column fields, yaitu untuk menempatkan field-field header yang akan ditampilkan dalam kolom.
- Row fields, yaitu menempatkan field-field header yang akan ditampilkan dalam baris.
- Data items, yaitu untuk menempatkan data yang akan dikategorikan berdasarkan column field dan row field.
Dengan Pivot Table kita dapat mengatur field kolom dan field baris sehingga kita dapat melihat data kita dari berbagai sudut pandang yang berbeda.
Dalam Tutorial Pivot Table yang winda buat kali ini akan terdiri dari :
Dalam Tutorial Pivot Table yang winda buat kali ini akan terdiri dari :
A. Membuat PivotTable
Membuat Pivot Table sangatlah mudah, hal yang pertama yang kita buat adalah sebuah list atau data-data dalam lembar kerja Excel. Dalam tutorial Pivot table kali ini Winda akan membuat sebuah study kasus tentang “Survey Gaya Hidup”. Dalam tutorial ini winda juga menyajikan dalam bentuk gambar juga untuk memudahkan dalam mempelajari tutorial ini.
Berikut adalah tahap demi tahap pembuatan Pivot Table, yaitu :
1. Buat list data terlebih dahulu dalam lembar kerja Excel, kemudian sorot seluruh isi list data tersebut.
Gambar 1.1 Buat list data pada Excel
2. Klik menu “Insert” pada Toolbar Excel kemudian klik icon PivotTable
Gambar 1.2 Klik menu Insert dan klik Pivot Table
Gambar 1.3 Klik OK
Gambar 1.4 Sheet baru yang berisi layout PivotTable
Gambar 1.5 Klik dan tarik field “Jenis Kelamin” ke dalam kotak Row Labels
Gambar 1.6 Klik dan tarik field “Daftar Destinasi Favorit” ke dalam kotak Column Labels
7. Klik dan tarik field “Penghasilan” ke dalam kotak Values
Gambar 1.7 Klik dan tarik field “Penghasilan” ke dalam kotak Values
Gambar 1.8 Drop-down List
9. Selanjutnya kita bisa menambahkan judul pada PivotTable kita. Dan tahap dalam membuat PivotTable selesai.
Gambar 1.9 Hasil membuat PivotTable
0 komentar:
Posting Komentar